Monday, May 16, 2011

Hari 11: Foto saya baru-baru ini


Ini foto gw dua hari yang lalu. Gres bener kan? Diambil pas lagi piknik bareng temen2. Yup, sejak dua bulan terakhir, gw dan beberapa temen bikin kegiatan yang kami namakan Lazy Sunday Picnic and Artsy, yang kegiatannya adalah piknik dan berkarya. Berkarya menyalurkan hobi yang dimiliki masing2 dari kami. Ada yang hobi origami, ada yang hobi merajut, ada yang hobi scrapbooking, ada yang hobi fotografi, ada yang hobi bikin perhiasan, ada yang hobi sulam menyulam, ada yang hobi main monopoli, macem-macem lah. Well, yang terakhir itu sih emang tidak menghasilkan karya, tapi lumayan asik dikerjakan di kala piknik.

Sejauh ini kami sudah 5 kali berpiknik. Tempatnya pindah-pindah. Niatnya akan menjelajahi taman-taman yang ada di Jakarta atau tempat2 lain yang bisa dipakai piknik. Siapapun yang pengen gabung, silahkan hubungi gw. Asalkan tidak segan2 untuk berbagi ilmu dan berbagi cemilan. hahah.

Nah, udah promosinya. Sekarang mau jelasin fotonya.
Itu cahaya melingkar2 yang di belakang gw adalah efek foto (tentunya). Seinget gw namanya PikaPika. Entah apa nama benernya. Untuk membuat efek seperti itu yang dibutuhkan adalah (1) Senter, (2) Tempat yang gelap, dan (3) Kamera yang bisa diatur shutter speed-nya.
Nah, cara pembuatannya:
(1). Atur Shutter Speed kamera ke 15 detik. Lebih lama juga boleh.
(2). Pastikan tempatnya bener2 gelap. Kalo ada cahaya, jangan sampe cahayanya langsung mengarah ke kamera. Bakal ngerusak efek tuh.
(3). Ketika tombol Jepret ditekan (hadeuh, ga tau bahasa fotografinya nih), nyalakan senter dan bikin bentuk2 yang diinginkan dengan cahaya senter itu.
(4). Oya, berhubung shutter speednya diset cukup lama, maka carilah tempat yang kokoh buat naro kamera atau bawa tripod. Karena kalo dipegang pake tangan, lama2 bisa pegel dan fotonya jadi goyang.

Apakah penjelasan ini cukup mudah dimenegerti? Mudah2an begitu...
Nah, ini ada contoh hasil foto PikaPika yang lain:

Di foto ini masing2 huruf diambil terpisah.

Oya, kalo mau bikin tulisan, bikinnya harus kebalik, di-mirror image gitu. Ah, makin membingungkan deh ya...

2 comments:

dhimust.cool said...

terima kasih atas info tentang photography nya,, hehehe,, bisa saya terapkan ini di web design surabaya

Niken said...

good.... hehhehehe... semoga sukses!