Thursday, March 10, 2011

Buku #7 2011: Detektif Feng Shui

Sebetulnya ini adalah kali kesekian gw membaca buku ini. Tapi, karena gw membaca lagi dari awal ampe akhir, ga lompat2, maka gw anggap buku ini cukup layak untuk masuk ke daftar buku yang gw baca di tahun 2011 ini.

Detektif Feng Shui bercerita tentang Mr. Wong, seorang pakar feng shui asal Cina yang tinggal di Singapura. Dia jago sekali menggambar diagram Lo shu, melihat aliran energi negatif dan memberikan solusi agar chi mengalir dengan lancar di suatu tempat. Pokoknya sebagai pakar Feng Shui dia ini cukup mumpuni lah. Tapi, berhubung dia dari Cina, maka dia lebih jago ngomong bahasa Cina (dia bisa Mandarin, Hokkian, Kanton, Putonghoa, dan Hakka) ketimbang ngomong bahasa Inggris. Nah, lalu Mr. Wong ini mendapat asisten baru, cewek gaul dari Inggris umur 18 tahun, yang namanya Joyce McQueeny. Oya, Mr. Wong sendiri udah umur 50 tahun. Jadi, selain faktor bahasa, ada gap yang lumayan besar karena umur, ras dan perbedaan generasi antara Mr. Wong dan Joyce. Mereka sering banget ga nyambung, terutama pas lagi ngomong dan MAKAN! Ya iya lah, Joyce doyan Starbuck, Mr. Wong doyan dimsum kaki lima, mana nyambung.

Perbedaan2 antara Joyce dan Mr. Wong ini diolah dengan cerdik oleh Nury Vittachi, sang pengarang buku. Walaupun kadang jadi sumber pertengkaran, tapi sering kali perbedaan pengetahuan yang dimiliki oleh Mr. Wong dan Joyce jadi sumber penyelesaian masalah2 yang mereka hadapi. Dan juga jadi sumber kelucuan. Baca buku ini membuat gw sering mesam mesem atau malah ngakak sendiri. Walaupun sama2 buku detektif, tapi buku ini ga seserius serial Hercule Poirot-nya Agatha Christie atau Sherlock Holmes-nya Sir Arthur Conan Doyle.

Sebelum baca buku ini, terus terang gw cenderung menganggap remeh Feng Shui. Dulu buat gw, Feng Shui itu cuma takhayul orang Cina kuno soal tata letak rumah. Ternyata Feng Shui itu berhubungan sekali dengan Chi atau aliran energi atau, kalo di yoga, disebut Prana. Nah, kalau soal Chi ini, gw agak agak ngerti. Seenggaknya gw ngerti bahwa energi itu harus seimbang. Dan penerapan Feng Shui yang dibuku ini selalu dikaitkan dengan aliran Chi yang seimbang itu tadi. Makanya gw jadi lebih ngerti soal Feng Shui. Tapi, kalo lagi denger pakar2 Feng Shui talkshow di mal2 sih tetep aja ngerasa "doh!" gitu. Hahaha....

Oh, kalo pengen tahu lebih lanjut soal Chi, silahkan buka http://en.wikipedia.org/wiki/Ch'i
Trus kalo pengen tahu lebih lanjut soal Feng Shui, silahkan buka http://en.wikipedia.org/wiki/Feng_shui
Kalo pengen tahu lebih lanjut soal buku Detektif Feng Shui sih silahkan baca bukunyaaa... hehehe...

No comments: