Wednesday, January 25, 2006

Program Diet

Awalnya adalah sejak setelah lebaran kemaren. Antara gara2 makanan lebaran yang gila2an enaknya dan badan yang emang dari sononya jarang langsing, beberapa temen gw mulai menjalankan program diet/detoks. Ada yang cuma makan dan minum sayur dan buah doang selama 3 hari, ada yang minum teh jati belanda untuk melancarkan pencernaan, trus ada juga yang menjalankan diet Horfa (high protein, low carb) selama 2 minggu (emang cuma boleh dilakukan cuma 2 minggu dan diulang lagi setelah 3 bulan, kalo mau).

Semula gw ga ikutan, walaupun badan gw itungannya adalah 2 (dengan prinsip dasar Dita adalah 1, Bert adalah 3, dan Liyoni adalah 4, sehingga kalau dijumlah kami berempat diitung 10). Lalu, gw merasa kok timbangan gw nambah mulu ya.... Turun, ok! Tetep, ok. Tapi, kalo nambah, wah ga ok banget tuh. Jadi, gw memutuskan untuk ikutan diet Horfa. Itu pun setelah melihat kesuksesannya pada dua orang temen gw yang lain dan dengan pertimbangan bahwa gw ga akan kelaparan dan tidak menyusahkan.

Lalu dimulailah program diet gw dan gw langsung merasakan efek2nya.
Efek 1: Kantong gw jebol. Gw baru merasakan betapa mahalnya harga daging sapi. Apalagi yang lemaknya sedikit. Harga daging sapi di Superindo Bandung: Inside = Rp. 5450/ons, Topside = Rp. 5950/ons, Sirloin = Rp. 6250/ons, selebih ga gw lirik lagi karena .... sudahlah, bikin pusing kepala dan kantong gw.

Efek 2: Trauma terhadap sayur bening. Pada hari pertama menu makan gw adalah bayam rebus, 2 telur rebus dan 1 tomat segar. Karena ga pernah masak bayam sebelumnya, maka gw bertanya kepada Bert yang lumayan jago masak: gimana caranya masak sayur bayam kalo ga boleh pake garam dan penyedap rasa? Dan jawabnya adalah masaklah dengan menggunakan bawang merah dan gula biar ada rasanya. Tapiiiiii....entah dimana salahnya atau emang gw tidak ditakdirkan untuk jago masak sayur bayam, hasil masakan gw rasanya GA ENAK BANGEDH! Kalo mengutip istilahnya Mira, sayur bayam gw adalah The Most GaEnakest Sayur Bayam In The World. Lalu, karena terpaksa minggu depannya gw makan sayur bayam lagi. Tapi, demi menghindari kejadian traumatis yang berkepanjangan, urusan masak-memasak sayur bayam gw serahkan kepada Bert. Dan hasilnya....enaaaak. Tapi, kayaknya masih akan lama lagi deh sampai gw bener2 bisa menikmati sayur bayam.

Efek 3: Gw masak! Sebetulnya gw BISA masak. Gw juga bisa ngarang2 bumbu dan tetap menghasilkan makanan yang edible, heheh... Tapi, sesuai dengan prinsip kepraktisan yang gw anut dengan setia, memasak makananmu sendiri itu GA PRAKTIS. Ditambah lagi, masak sendiri itu ga ekonomis. Hoho...pasti ada yang protes nih. Begini, gw jelaskan maksud gw ya.... Kalo belanja, ada jumlah minimal tertentu yang harus dibeli. Misalnya, beli bayam minimal harus seikat, ga boleh beli bayam setengah ikat; beli cabe rawit minimal Rp. 200 yang isinya kira2 7-8 buah, ga boleh beli cuma 1 buah; beli penyedap rasa minimal harus 1 bungkus, ga boleh beli secukupnya (seperti yang tertulis di resep2); beli jeruk nipis minimal harus 1 butir, ga boleh beli seperempat butir. Nah, kalo masaknya untuk beberapa orang, bayam seikat pasti habis, cabe Rp. 200 pasti habis, sebungkus penyedap rasa dan sebutir jeruk nipis juga pasti habis. Tapi, kalo masak cuma buat 1 orang, semua bahan2 itu belum tentu habis. Jadi, untuk mensiasatinya semua bahan itu langsung dimasak atau kalo punya kulkas ya sebagian bahan itu disimpan di kulkas. Tapiiiii.... (ada tapi-nya lagi nih), kalo lambungnya kecil biasanya makanannya suka ga abis trus jadi basi trus dibuang, trus kalo menyimpan bahan makanan di kulkas, kalo yang nyimpen itu orangnya kayak gw, biasanya suka lupa trus membusuk di dalam kulkas. Yuck! Akhirnya bahan2 itu juga harus dibuang. Benar2 pemborosan! Sama sekali ga ekonomis! Sekarang percaya kan ama gw? Jadi, mending beli makan aja, ga repot masak dan ga buang2 apapun. Lagian duit yang dikeluarkan pun kurang lebih sama jumlahnya.

Efek 4: Berat badan gw turun. Horee! Ini dia tujuan gw menjalankan program diet. Setelah beberapa hari berat badan gw turun 4 kilo. Tapiiiii, karena terlena dan kurang ketat dalam menjalankan program diet (nyolong2 makan kue kering, es krim, dan french fries) berat badan gw naik lagi 1,5 kilo. Huh!

Efek 5: Jadi bingung mau makan apa. Hari ini program dietnya berakhir. Setelah 2 minggu terbiasa dengan menu yang sudah ditentukan, hari ini gw bangun pagi dan berpikir, "Hari ini gw makannya apa ya? O iya, hari ini kan gw boleh makan apa aja. Heheheh... *ketawa kayak setan* Tapi, kalo gitu gw makan apa dong?" *balik bingung lagi* Dan sampai sekarang gw belum memutuskan mau makan apa.

Efek 6: Ketagihan apel. Karena ga boleh ngemil, maka demi menghindari lapar setiap waktu makan selalu diakhiri dengan makan apel banyak2. Jadi, sekarang daripada ngemil jajan gw memilih untuk ngemil apel. Wow, sungguh sehat ya.... Tapi, karena baru berlangsung satu hari, kegiatan mengemil apel ini belum terbukti reabilitas dan validitasnya. Huwahahaha....

1 comment:

M. Lim said...

selamat atas keberhasilan anda menolak pesona breadtalk
muwah
ekeu habis pulsa nih bouw