Wednesday, June 22, 2005

LUPA

"How could you give us so much...so much...and take away more"
--Silvia Broome, The Interpreter

Hiks, gw nangis lho pas nonton The Interpreter di bagian waktu Nicole Kidman ngomong kalimat di atas. Sebenernya sih, nangisnya itu gara2 pengaruh PMS, tapi buat yang udah nonton, akui sajalah kalo bagian yang itu emang cukup menohok. Soalnya di situ ada cerita tentang seorang Presiden dari negara Matobo yang awalnya bercita-cita mulia, ingin memajukan bangsa dan negaranya, kemudian gara2 sudah bertahta sekian lama akhirnya jadi lupa akan cita-citanya dan malah jadi diktator bagi rakyatnya. Trus, di film itu, Nicole Kidman yang ceritanya jadi rakyat Matobo jadi merasa dikhianati habis-habisan.

Yah, cerita macam ini sih emang udah banyak terjadi di berbagai negara. Presiden Soekarno juga dulu pernah kayak gitu. Pas Indonesia masih dijajah, dia mati-matian ngebelain bangsa Indonesia, lalu pas sudah jadi presiden malah pengen jadi presiden seumur hidup. Presiden Soeharto juga kayak gitu juga, pengen terus2an dipilih jadi presiden. Cuma kalo Pak Harto sih ga keliatan kapan dia mati-matian ngebelain bangsa Indonesia.

Jadi inget cerita nyokap. Kata nyokap, biar pun Pak Karno itu punya beberapa kesalahan ke rakyat Indonesia, tapi ga ada rakyat Indonesia yang benci ama dia. Pas Pak Karno meninggal dunia, semua orang yang dikenal ama nyokap gw langsung bengong dan sedih banget. Bahkan beberapa orang langsung nangis2, ga peduli cewe atau cowo. Eyang gw langsung nangis sesenggrukan lho, kata nyokap. Trus di Jakarta, yang ngelayat banyaaaak banget. Malah ada juga orang-orang yang datang dari kota2 lain. Gw jadi penasaran, kalo ntar Pak Harto meninggal bakalan kayak gitu juga ga, ya?

Eniwei, balik lagi ke cerita film tadi, yang terngiang-ngiang di kepala gw minggu lalu setelah nonton film itu dan baca beberapa buku plus kejadian sehari-hari adalah lupa itu bisa berakibat fatal. Apalagi kalo lupa ama cita-cita diri. Bayangin aja kalo ada orang yang awalnya bercita-cita jadi dokter supaya bisa nolongin orang2 sakit, mati-matian sekolah biar bisa masuk Fakultas Kedokteran, mati-matian belajar biar lulus, trus sesudah jadi dokter malah lupa ama cita-cita semula dan praktek hanya untuk ngumpulin materi semata.

Kemaren2, gw jadi merenung, gara2 nonton film itu dan gara2 skripsi yang ga kelar2. Kenapa gw dulu pengen kuliah di psikologi. Gw akhir-akhir ini sering banget membandingkan diri gw ama temen2 seangkatan gw. Mereka udah pada bisa ngetes, jadi observer, jadi orang2 yang ngasih pelatihan, pokoknya jadi apa aja yang emang biasanya dikerjain ama orang-orang dari dunia psikologi. Gw sempet sedih, karena gw ngerasa ga cukup punya kemampuan untuk mengerjakan itu semua. Terlebih lagi, gw ga suka ngetes2 orang, bikin modul pelatihan dan sebagainya itu. Lalu, apakah itu artinya gw udah menyimpang jauh dari cita2 gw? Apakah gw udah banyak membuang cita2 gw di tengah jalan? Dan terjebak ke dunia materi dan hura-hura?

Sekarang, gw sedang berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Beberapa di antaranya udah ada yang kejawab, tapi ga akan gw tulis di sini. Cukuplah itu jadi renungan buat diri gw sendiri aja. Yang penting semua idealisme remaja dan cita2 mulia yang pernah ada di hati gw kembali lagi dan berusaha gw wujudkan.

Ah, jadi jero gini ya...

No comments: